-->

Wednesday, April 19, 2017

Tutorial Cara Membuat Operasi Perkalian Antar Matriks Menggunakan Java NetBeans

Tutorial Cara Membuat Operasi Perkalian Antar Matriks Menggunakan Java NetBeans

Tutorial Cara Membuat Operasi Perkalian Antar Matriks Menggunakan Java NetBeans - Kemarin baru saja saya mempublikasi sebuah artikel baru mengenai tutorial matriks, yaitu tutorial Membuat operasi penjumlahan antar matriks, artikelnya bisa kalian cek disini [klik disini]. Seperti yang saya katakan pada artikel sebelumnya, untuk sekarang dan seterusnya saya akan memberikan kepada kalian tutorial mengenai matriks pada Java NetBeans.

Pada artikel kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat operasi perkalian antar matriks menggunakan Java NetBeans. Silahkan disimak prosedur dibawah ini.

Berikut Tutorial Cara Membuat Operasi Perkalian Antar Matriks Menggunakan Java NetBeans

1. Sebelumnya pastikan kalian perhatikan tanda pada gambar jika kurang paham atau tidak tahu letak perintah pada langkah-langkah. Langkah pertama yaitu kalian buka terlebih dahulu software NetBeans IDE, jika kalian belum punya software NetBeans IDE silahkan [klik disini] untuk menuju artikel Tutorial Cara Instalasi NetBeans IDE Beserta JRE Dan JDK Terbaru. Jika sudah terpasang sesuai dengan artikel tersebut selanjutnya buka NetBeans IDE sampai menuju tampilan utama, seperti gambar dibawah.
Tampilan Utama NetBeans IDE

2. Setelah itu klik tombol pintas Ctrl+Shift+N atau klik menu File lalu pilih New Project...
Menu File - New Project

3. Lalu muncul windows baru dengan judul New Project dengan Steps 1. Choose Project, pada Choose Project pilih Categories Java dan Projects pilih Java Application, lalu klik tombol Next.
Choose Project Steps

4. Lalu pada Steps 2. Name and Location kalian bisa atur sesuai yang kalian inginkan, bebas baik itu Project Name dan Project Location. Beri tanda ceklis pada Create Main Class. Lalu tampilan akan menjadi seperti gambar dibawah ini.
Name And Location StepsNew Project Created

5. Selanjutnya kalian salin atau copy source code yang ada dibawah ini, silahkan kalian ambil yang berwarna abu-abu saja, mulai dari System.out.println...
/*Operasi Perkalian Matriks By Adam Farhansyah*/
package /*namapackage*/;
public class /*namaclass*/ {        
    public static void main(String[]args){
        int[][]matriksA = new int[][]{
            {3,2},
            {4,5}
        };
        
        int[][]matriksB = new int[][]{
            {5,4},
            {6,8}
        };
        
        int perkalian[][] = new int[2][2];
        
        for (int i=0;i<2;i++){
            for (int j=0;j<2;j++){
                for(int k=0;k<2;k++){
                    perkalian[i][j] = matriksA[i][k] * matriksB[k][j];
                }
                System.out.print(perkalian[i][j] + " ");
            }
            System.out.println("");
        }
    }
}
Keterangan:
* Teks yang berwarna merah atau /*namapackage*/ dan /*namaclass*/ adalah nama project yang kalian buat.
* Teks yang berwarna abu-abu adalah source code yang dibutuhkan

6. Lalu paste source code berwarna abu-abu tersebut tepat setelah public static void main... Penempatannya sesuai dengan source code diatas, atau kalian hapus seluruh source code yang ada pada NetBeans lalu paste dengan seluruh source code yang ada diatas, hanya tinggal menyesuaikan nama /*namapackage*/ dan /*namaclass*/ nya saja.

7. Selesai.

Sekian tutorial Java NetBeans kali ini, jika kalian mendapat kendala masalah dalam tutorial kali ini silahkan tinggal komentar pada artikel ini, dalam waktu dekat saya akan membalasnya. Atau jika kalian butuh respon cepat silahkan hubungi saya melalui media sosial yang tertera pada situs ini. Sekian dan terima kasih.

Kebijakan Berkomentar

Mohon untuk membaca peraturan Kebijakan Komentar sebelum berkomentar. Kamu harus menggunakan Akun Facebook untuk berkomentar disini.
Buka Kolom Komentar

Berlangganan Melalui Email